Triwulan I 2017, BRI Kucurkan Rp. 27 Triliun Kredit UMKM

Semarang, Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyalurkan kredit sebesar Rp28,3 triliun selama triwulan I 2017. Dari jumlah tersebut, BRI mencatat sekitar 90% kredit yang dikucurkan dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah.


"Total jumlah debitur mencapai satu juta nasabah," ungkap Pimpinan Wilayah BRI Semarang Yana Soeprianan di sela-sela road show Parade UMKM di Kota Semarang, Kamis (4/5/2017).

Dia mengatakan, total kredit yang dikucurkan selama triwulan I 2016 mencapai Rp27 triliun. Dari penyaluran kredit bagi UMKM tersebut, Kota Semarang menjadi salah satu penyumbang terbesar. Inilah yang melandasi Kota Semarang menjadi titik awal dari 18 kota kegiatan Parade UMKM. 

"Esensinya ingin mengajak pelaku UMKM naik kelas. Kami juga akan mengajak mitra UMKM untuk memamerkan produk- produk unggulan dalam menyemarakkan Kota Lama," katanya.

Senior Vice President UKM & Consumer Banking Bank BRI, Supari menambahkan, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. "Dimulai dari Kota Semarang menjadi pelopor dan pengembangan produk sektor UMK," ujarnya.
 
Parade UMKM akan berlangsung 5-7 Mei 2017 di Gor Tri Lomba Juang, Semarang. Kegiatan yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM dan pengunjung, diantaranya coaching clinic UMKM, bazaar UMKM, edukasi dan entertainment. 

Puncak kegiatan akan dilaksanakan di Jakarta pada Desember 2017. "Parade UMKM untuk meningkatkan kapasitas melalui pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM," katanya.
 
Dia melanjutkan, peningkatan kapasitas pelaku UMKM melalui penetrasi digital/e-commerce dan kesempatan untuk berkonsultasi dalam pengembangan bisnis. 

"Bank BRI juga ingin semakin mempererat hubungan dengan pelaku UMKM, masyarakat serta stakeholder lainnya di daerah. Selain itu, sarana promosi efektif bagi pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya baik skala nasional maupun internasional," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Bank BRI bertujuan meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat melalui pengenalan produk perbankan dan jasa keuangan. 

"Para pelaku UMKM dan pengunjung akan merasakan pengalaman unik dalam acara tersebut. Seluruhnya akan menggunakan close system oleh Bank BRI serta digital banking experience melalu mpembukaan rekening menggunakan e-form BRI," terangnya.