Pegadaian Tingkatkan Kewirausahaan di 28 Kota di Indonesia

JAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Saat krisis ekonomi 1998, UMKM terbukti imun dari hantaman krisis. 

Nah, untuk mengembangkan UMKM yang berdampak bagi perekonomian nasional, PT Pegadaian (Persero) mengadakan kegiatan Seminar Kewirausahaan bertema “Pemasaran Kreatif dan Bazzar Pegadaian bersama Komunitas UMKM”.

 Kegiatan yang diselenggarakan bersama Komunitas Tangan di Atas (TDA) berlangsung pada Rabu (5/4) di Gedung Langen Palikrama, Jakarta. Achmad Zaky, founder dan CEO Bukalapak.com; Haryo Ardito, founder Digital Marketing Club; Ade Wahyudi, founder TDA Mart, dan pemilik usaha kuliner Soto Semarang Slamet Ragil berbagi pengalaman untuk memajukan UMKM di Tanah Air.

“Seminar kewirausahaan ini bertujuan memberikan pembekalan dan peningkatan kompetensi di bidang marketing, khususnya digital marketing untuk UMKM,” ujar Direktur Operation, Marketing & Sales PT Pegadaian Dijono dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (6/4/2017).

Bagi Pegadaian sendiri, kegiatan ini sebagai wujud apresiasi untuk nasabah produk Mikro Pegadaian yang notabene para pengusaha UMKM. Dan acara ini tidak hanya berhenti di Jakarta saja, Pegadaian ingin menjadikan kegiatan ini untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan UMKM, dan akan melakukan di 27 kota lainnya. Saat ini, sudah 15 kota yang disambangi dengan jumlah peserta lebih dari 3.000 peserta.

Dijono menerangkan dengan kegiatan ini, masyarakat akan lebih mengenal produk-produk Pegadaian, yang bukan hanya Gadai saja, juga produk Kreasi yang menyasar kalangan UMKM. Produk ini dapat dimanfaatkan bagi para pengusaha mikro untuk mendapatkan pinjaman dana untuk modal usaha, dengan menitipkan BPKB kendaraan roda dua atau roda empatnya.

Pada 2016 kemarin, kredit yang disalurkan bagi nasabah Kreasi ini mencapai Rp1,3 triliun. Dan untuk seminar tersebut, para peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Menariknya, acara tadi juga menyediakan hadiah menarik, salah satunya berupa emas logam mulia.